Cara Mengatasi Rasa Mengantuk Saat Puasa

  • Whatsapp
Cara-Mengatasi-Rasa-Mengantuk-Saat-Puasa

Pada saat puasa, siang hari kita pasti akan merasa sangat ngantuk. Hal ini sangat wajar karena kita harus bangun lebih awal untuk makan sahur. Tak jarang pula yang harus tidur telat karena melakukan berbagai kegiatan atau melakukan ibadah lain. Oleh karena itu, rasa kantuk seringkali menyerang pada siang hari. Lalu bagaimana cara mengatasi rasa mengantuk saat puasa?

Ada beberapa trik yang bisa kita lakukan agar puasa tidak merasa ngantuk siang hari. Apalagi bagi Anda yang harus bekerja, rasa ngantuk siang ini tentu sangat mengganggu produktifitas dalam bekerja. Dengan mengetahui beberapa cara menghilangkan ngantuk ini, semoga produktifitas Anda akan tetap baik selama bulan puasa.

Jalan-jalan

Saat berpuasa, mungkin Anda merasa lemas sehingga sama sekali tidak berminat untuk jalan-jalan. Namun jalan-jalan kecil sama sekali tidak akan membuat Anda kelelahan saat puasa. Cobalah untuk berjalan ringan agar rasa kantuk bisa hilang pada siang hari. Beranjaklah dari meja kerja Anda sejenak, cobalah untuk menghirup udara segar di luar. Cara ini cukup efektif guna mengusir rasa kantuk yang datang pada siang hari. Berjalan-jalan bisa melancarkan sirkulasi darah ke otak sehingga saluran pernapasan akan lebih longgar. Dengan begitu, rasa mengantuk akan segera hilang.

Tidur siang

Obat ngantuk yang paling efektif adalah tidur. Tapi bagaimana jika kita bekerja pada siang hari? Caranya yaitu dengan mencuri waktu saat istirahat siang, cobalah untuk sejenak membaringkan tubuh dan terlelap. Tapi awas, jangan sampai Anda kelewatan karena keenakan tidur dan melalaikan pekerjaan. Tidur siang meskipun sebentar cukup bermanfaat untuk membuat tubuh lebih segar. Dengan begitu Anda akan lebih produktif setelahnya.

Mencuci wajah

Membasuh wajah dengan air cukup efektif untuk menghilangkan rasa ngantuk. Cara mengatasi rasa mengantuk saat puasa ini bisa dilakukan siang hari ketika rasa ngantuk mulai menyerang. Saat wajah terasa kaku dan lelah karena ngantuk, pergilah ke kamar mandi untuk membasuh wajah. Seketika Anda akan kembali merasa segar dan bersemangat. Selain mencuci wajah, Anda juga bisa memperbaiki penampilan misalnya dengan menyisir rambut, menggunakan make up .

Cari hiburan

Cara lain yang bisa mengusir rasa ngantuk yaitu dengan mencari hiburan sejenak pada siang hari. Anda bisa menonton film yang lucu atau hal lainnya yang menurut Anda menyenangkan. Dengan melakukan hal tersebut, Anda akan merasa senang dan rasa ngantuk akan hilang sekejap. Cara lainnya yaitu bisa mengobrol dengan rekan kerja, meski begitu Anda tak boleh keasyikan ngobrol malah melalaikan pekerjaan.

Anda bisa tetap bugar saat puasa pada siang hari dengan tips di atas, kegiatan diatas bukan merupakan hal yang membatalkan puasa, jadi tidak perlu khawatir. Anda juga harus konsumsi makanan bergizi pada saat sahur maupun berbuka agar tubuh lebih bugar. Jadi rasa ngantuk tak akan mudah menyerang. Semoga ulasan cara mengatasi rasa mengantuk saat puasa ini bermanfaat.

Related posts