Inilah Contoh Perencanaan Bisnis yang Tepat dengan Cara Pembuatannya

  • Whatsapp
Inilah Contoh Perencanaan Bisnis yang Tepat dengan Cara Pembuatannya

Contoh perencanaan bisnis menjadi hal yang sebaiknya sebagai pemula untuk dimengerti terlebih dahulu supaya mempunyai gambaran yang tepat di awal memulai bisnis. Perencanaan bisnis menjadi hal yang penting sebelum memulai kegiatannya. Perencanaan yang tepat akan membuat bisnis menjadi terarah untuk mencapai target. Jadi, perencanaan bisnis harus dipikirkan matang-matang terlebih dahulu. Untuk itu, pengetahuan mengenai contoh perencanaan bisnis dengan cara pembuatannya harus diketahui terlebih dahulu. Penjelasan kedua hal tersebut akan dipaparkan berikut ini.

Begini Cara Pembuatan Contoh Perencanaan Bisnis yang Tepat

  1. Menentukan Tujuan Bisnis

Untuk membuat contoh perencanaan bisnis yang tepat, cara pertama yang bisa dilakukan adalah menentukan tujuan bisnis. Pastikan bisnis yang direncanakan sudah memiliki bidang tersendiri dengan tujuan tertentu. Hal inilah yang menjadi dasar bagaimana bisnis di rencanakan. Setelah tujuan ditentukan, maka pengembangan perencanaan bisnis bisa disusun dengan baik.

  1. Melakukan Riset Pasar

Setelah menentukan tujuan, cara kedua yang bisa dilakukan untuk membuat contoh perencanaan bisnis adalah melakukan riset pasar. Riset pasar ini berguna untuk mengetahui target customer atau klien dari bisnis yang akan direncanakan. Selain itu, hal ini bisa dilakukan untuk meneliti competitor sekaligus memprediksi peluang dari bisnis yang direncanakan bisa berhasil atau tidak.

  1. Melakukan Analisis SWOT

Cara ketiga yang tepat untuk membuat contoh perencanaan bisnis adalah melakukan analisis SWOT. Analisis ini berguna untuk meneliti kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan juga ancaman pada bisnis yang akan dijalankan. Penggunaan analisis SWOT yang tepat akan membuat bisnis berjalan lancar. Hal ini dikarenakan kekuatan dan kesempatan ditingkatkan. Sedangkan ancaman dan kelemahan diminimalisir.

  1. Menentukan Deskripsi dari Bisnis

Cara keempat yang tepat untuk membuat contoh perencanaan bisnis adalah menentukan pendeskripsiannya. Deskripsi ini penting sebagai perwujudan dari tujuan bisnis yang sudah disusun sebelumnya. Selain itu, pendeskripsian bisnis juga memuat bagaimana kegiatan operasionalnya. Jadi, deskripsi dari bisnis menjadi gambaran tujuan yang memuat visi dan visi beserta kegiatannya nanti.

  1. Menentukan Jenis-Jenis Produk atau Layanan

Setelah menentukan deskripsi, cara kelima yang bisa dilakukan untuk membuat contoh perencanaan bisnis adlah menentukan jenis produk atau layanan. Setiap bisnis akan memiliki beragam produk atau layanan yang tiwarkan ke klien dan customer. Tiap-tiap produk dan layanan memiliki keunggulan dan karakteristik tersendiri. Hal ini sudah seharusnya ditentukan ketika akan merencanakan sebuah bisnis.

Penentuan jenis-jenis produk atau layanan dalam bisnis juga menjadi perwujudan profesionalitas di mata customer dan klien. Beragam produk atau layanan yang sesuai dengan bisnis akan membuat customer dan klien tertarik untuk menggunakannya. Jadi, pastikan produk atau layanan benar-benar mereprensentasikan bisnis itu sendiri sebelum mulai memasarkannya kepada klien dan customer.

  1. Menentukan Rencana Pemasaran

Cara keenam yang tepat untuk membuat contoh perencanaan bisnis adalah menentukan bagaimana pemasarannya nanti. Terdapat berbagai macam cara seperti melalui forum ataupun door to door ke setiap calon sustomer ataupun klien. Pemasaran juga bisa dilakukan menggunakan media sosial maupun marketplace. Jadi, tinggal memilih bagaimana rencana pemasaran yang dirasa paling efektif.

Agar rencana pemasaran bisa tepat, kegiatan riset pasar harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Hal ini tentu akan membuat karakteristik target klien atau customer bisa diketahui. Dengan begitu, strategi pemasaran yang dirasa tepat bisa segera digunakan.

  1. Menentukan Tim yang akan Beroperasi

Cara terakhir yang tepat untuk membuat contoh perencanaan bisnis adalah menentukan tim operasional. Pastikan sudah terdapat beberapa tim dengan jobdesk masing-masing. Jobdesk dari tiap-tiap tim harus berhubungan antara satu dengan yang lain sehingga bisnis bisa beroperasi secara lancar. Jadi, penentuan tim beserta jobdesk menjadi hal yang harus diperhatikan dalam perencanaan bisnis.

Ini Contoh Perencanaan Bisnis yang Tepat

Setelah mengetahui beragam cara di atas, langkah selanjutnya adalah membuat contoh perencanaan bisnis yang tepat. Jika sudah memahami cara-cara diatas, maka penyusunan perencanaan bisnis akan menjadi lebih mudah. Untuk itu, perhatikan contoh berikut ini sebagai patokan bagaimana cara membuat perencanaan bisnis yang tepat dan benar sehingga prosesnya bisa berjalan optimal.

——————————————————————————-

Nama Bisnis     : Produk Tani

Jenis Bisnis      : Supplai Hasil Pertanian

Visi Bisnis        

Membantu para petani memasarkan hasil pertaniannya secara meluas. Dengan begitu, penghasilan akan meningkat sehingga kegiatan pertanian bisa dikembangkan lebih jauh lagi untuk ke depannya.

Misi Bisnis       

Memberikan supplai hasil pertanian yang baik kepada customer seperti hotel, restoran, rumah makan, dan sebagainya. Hasil pertanian yang disuplai diusahakan memiliki kualitas terbaik agar aman ketika dikonsumsi.

Pendeskripsian Bisnis

Produk Tani merupakan bisnis yang bergerak di bidang supplai produk-produk hasil pertanian. Produk-produk tersebut diutamakan kualitas hasilnya sehingga aman ketika dikonsumsi. Supplai produk-produk hasil pertanian dibagi menjadi dua paket yaitu:

Paket Medium

Paket Medium merupakan pengiriman supplai produk-produk pertanian dengan kapasitas maksimal 20 kg per hari. Produk dikemas dengan rapi agar kualitasnya tetap terjaga

Paket Ekstra

Paket Ekstra merupakan pengiriman supplai produk-produk pertanian dengan kapasitas maksimal antara 30 hingga 40 kg per hari tergantung persediaan. Produk dikemas dengan rapi agar kualitasnya tetap terjaga.

Keunggulan Bisnis

Bisnis ini memiliki pasar yang luas karena mampu menyuplai produk hasil tani ke customer di daerah kota. Rata-rata customer menginginkan supplai hasil tani yang masih fresh.

Analisis Pasar

Pemasaran yang ditargetkan adalah industri berupa hotel atau restoran dengan kebutuhan suplai hasil tani. Selain itu, target pemasaran juga bisa lebih diluaskan lagi dengan target catering dan swalayan.

Planning Pemasaran

Pemasaran dilakukan dengan door to door ke setiap customer. Selain itu, pemasaran juga dilakukan melalui media sosial dan marketplace.

Tim yang Akan Beroperasi

Tim A akan bertugas melakukan pemasaran dan menerima order dari customer. Tim B akan bertugas mengambil pesanan produk hasil tani secara langsung. Tim C akan bertugas melakukan packing dan mengantarkan pesanan ke customer.

Analisis SWOT

Strenght (Kekuatan)

Pengetahuan tentang daerah yang menghasilkan produk berkualitas. Selain itu, Tim sangat kompak sehingga bisa diandalkan untuk beroperasi. 

Weakness (Kelemahan)

Daerah yang menjadi suplai produk tani cukup jauh dari perkotaan. Selain itu, kendaraan untuk mengangkut hasil tani dalam jumlah banyak masih belum tersedia sehingga harus menyewa.

Opportunity (Kesempatan)

Berkembangnya industri hotel dan restoran dengan kebutuhan hasil tani yang fresh. Hal ini diikuti dengan berkembangnya swalayan sayuran dengan kebutuhan yang sama.

Threat (Ancaman)

Bertumbuhnya usaha lain dengan jenis yang sama. Target customer yang diincar juga sama.

Pemasukan

Pemasukan bersumber dari pembayaran customer baik secara langsung ataupun kontrak.

Pengeluaran

Pengeluaran difokuskan untuk gaji dan juga kegiatan operasional harian.

————————————————————-

Itulah penjelasan mengenai contoh perencanaan bisnis beserta cara pembuatannya. Perencanaan bisnis akan berjalan dengan baik jika sudah mengetahui cara pembuatannya dengan tepat. Cara-cara pembuatannya sendiri merupakan urutan terstruktur agar bisnis nantinya bisa lebih terarah. Oleh karena itu, pastikan cara pembuatannya sudah dipahami dulu sebelum mulai merencanakan bisnis.

Related posts